PROMO BESAR - BESARAN DISCOUNT 50% KHUSUS BULAN
PROMO BERLAKU HINGGA

DISCOUNT : 50 %
DETAIL PRODUK : KLIK DISINI
BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
PANDUAN BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
DISCOUNT : 50 %
DETAIL PRODUK : KLIK DISINI
BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
PANDUAN BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
DISCOUNT : 50 %
DETAIL PRODUK : KLIK DISINI
BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
PANDUAN BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
DISCOUNT : 50 %
DETAIL PRODUK : KLIK DISINI
BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI
PANDUAN BELI DARI TOKOPEDIA : KLIK DISINI

Tips dan trik Strategi cara mendapatkan beasiswa fullbright Amerika Serikat

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang prestigious dan fully funded dari awal aplikasi (Interview hingga selesai study). Fulbright merupakan competitive and merit-based scholarship dan Fulbright didanai oleh the United States Department of State. Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola oleh The American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Tujuan dari program Fulbright Indonesia adalah untuk meningkatkan “mutual understanding and cooperation between the people of the United States and Indonesia through educational and cultural exchange.” Program Fulbright sudah sangat dikenal luas secara internasional, lebih dari 155 negara berpartisipasi dalam program Fulbright. Informasi lanjut mengenai aplikasi, persyaratan dan jenis-jenis program (ada 17 jenis program) lainnya silahkan mengunjungi website berikut ini www.aminef.or.id. Dan like facebook page nya: AMINEF/Fulbright Indonesia.
Untuk mengikuti program beasiswa fullbright, berikut adalah langkah - langkah yang harus diikuti :
  1. Aplikasi
Persyaratan umum dan khusus serta kelengkapan dokumen bisa dilihat di website AMINEF.  Lengkapi saja semua yg diminta tanpa kurang satu dokumen pun, harus detail ya. Apa saja yang dibutuhkan? Aplikasi yang sudah diisi, Study objective (1 halaman), fotokopi hasil TOEFL atau IELTS, KTP atau paspor, surat rekomendasi dari atasan sekarang dan dosen terdahulu, ijasah, dan transkrip yang diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Keep in mind, informasi ini mungkin berubah silahkan lihat website Aminef dan kirim email ke Aminef untuk pertanyaan yang tidak ada jawabannya di website. Di application form, kita mengisi informasi mengenai program apa yang dilamar, GPA, TOEFL, dan awards/honors, professional history, social involvement, research projects completed, Articles/Books/Unpublished, Papers/Thesis/Dissertation, traveled or lived outside. Ikuti saja petunjuk pengisian dengan membaca secara cermat dan teliti.



       2. Interview

Interview berlangsung selama 30 menit dan bersifat Q&A dengan panelists. Peserta akan diwawancarai oleh 3 orang, 2 orang Indonesia (dosen dan alumni Fulbright) dan 1 orang Amerika, satu dari mereka adalah ahli dibidangnya kita. Yang pasti pewawancara adalah bi-national committee dari pihak Aminef dan Amerika. 

Interviewnya sebagian besar berdasarkan essay yang kita kirimkan ke pihak AMINEF. Jadi pastikan yang Anda tulis itu benar2 dipahami luar-dalam. Sisanya akan sangat bergantung dari arah interview tersebut. Biasanya berkisar pada pengetahuan umum atau info mutakhir terkait dengan jurusan Anda. Misalnya teknik perminyakan, bisa jadi akan ditanya2 tentang musibah ‘oil spill’ di Amerika dan opini pribadi Anda akan musibah tersebut. Jawaban terbaik itu saya sendiri tidak bisa menjamin. Asalkan argumentasi Anda memiliki fondasi yang kuat (orang Amerika sangat menghargai keterampilan berargumentasi, walaupun argumentasinya mungkin bisa bikin ‘kuping panas’ untuk standar orang Indonesia), biasanya itu akan menjadi nilai plus.
Siapakah yang akan menginterview, dan berapa orangkah biasanya?
>> Yang akan menginterview biasanya staf2 AMINEF maupun kedutaan Amerika. Biasanya dipimpin oleh Mr. McCoy atau Pak Piet. Tim interview sendiri biasanya ada 3 – 4 orang. Oh ya, format interviewnya klasik. Ada yang jadi ‘polisi baik’ dan ‘polisi jahat’, jadi siap2 mental karena biasanya ada interviewer yang gaya nanyanya rada ‘sengak’ dan galak.

-> TES TOEFL IBT, GRE atau GMAT

TOEFL iBT dan GRE or GMAT merupakan required tests yang diminta universitas sebagai syarat admission dan score yg diminta beragam tergantung universitas yang dituju. Sebagai patokan minimum 80 untuk IBT score dan GRE ada beberapa universitas yg meminta score minimum, ada juga yang meminta GRE score tanpa minimum score. Anda harus merujuk ke university website untuk requirement admission ini. Untuk tes ini anda harus mempersiapkannya dengan matang dan jauh-jauh hari ya. Saya sendiri sebelumnya saya cukup familiar dengan tes ini, karena ketika saya mulai bermimpi ingin studi di Amerika, saya tahu apa saja persyaratan yang harus saya penuhi. Saya sudah memiliki beberapa buku dan software program iBT practices test (Listening, Reading, Writing, and Speaking) dari beberapa penerbit seperti ETS, Barron’s dan Longman. Saya belajar setiap malam minimal 2 jam untuk menghadapi tes ini, ya independent study, babat habis seluruh practice test, dan tidak ada salahnya mengulangi soal practice hingga beberapa kali. Kalau TOEFL paper- based (PBT) skor nya berkisar 310 to 677, TOEFL iBT skor nya berkisar antara 0 to 120. Biasanya 80-100 adalah skor minimum untuk admission tingkat master di universitas di US. Namun beberapa bidang tertentu misalnya Linguistics, Literature programs and PhD study, skor minimum pun beragam dan lebih tinggi misalnya 100. Silakan cek masing-masing universitas dan untuk mengetahui iBT score yang diperlukan. Info lebih lanjut mengenai tes TOEFL iBT ini silahkan berkunjung ke website ini www.toefl.org.


sumber : indonesia mengglobal 
Best Regards,
Fattah Razzaq Education

0 Response to "Tips dan trik Strategi cara mendapatkan beasiswa fullbright Amerika Serikat"

Post a Comment